Pages

"metabolisme sel"

kali ini kita akan mempelajari tentang apa itu metabolisme sel. Metabolisme sel termasuk ke dalam pelajarn Biologi. penasaran dengan Metabolisme Sel?? ayo kita pelajari lebih dalam lagi apa itu Metabolisme Sel??



Metabolisme adalah proses-proses kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup/sel. Metabolisme disebut juga reaksi enzimatis, karena metabolisme terjadi selalu menggunakan katalisator enzim.
metabolisme dibedakan menjadi 2 yaitu:

1. Katabolisme
yaitu proses penguraian zat untuk membebaskan energi kimia yang tersimpan dalam senyawa organik tersebut.Tujuan utama katabolisme adalah untuk membebaskan energi yang terkandung di dalam senyawa sumber. Bila pembongkaran suatu zat dalam lingkungan cukup oksigen (aerob) disebut proses respirasi, bila dalam lingkungan tanpa oksigen (anaerob) disebut fermentasi
**Respirasi yaitu proses pembebasan energi yang tersimpan dalam zat sumber energi melalui proses kimia dengan menggunakan oksigen. Dari respirasi akan dihasilkan energi kimia ATP untak kegiatan kehidupan, seperti sintesis (anabolisme), gerak, pertumbuhan.
*Pada tumbuhan den hewan respirasi yang berlangsung adalah respirasi aerob, namun demikian dapat saja terjadi respirasi aerob terhambat pada sesuatu hal, maka hewan dan tumbuhan tersebut melangsungkan proses fermentasi yaitu proses pembebasan energi tanpa adanya oksigen, nama lainnya adalah respirasi anaerob.
Dari hasil akhir fermentasi, dibedakan menjadi fermentasi asam laktat/asam susu dan fermentasi alkohol.
)))))Pada respirasi aerob atau proses respirasi yang membutuhkan oksigen, ada 3 tahapan respirasi diantaranya yaitu:
1. Glikolisis
Peristiwa perubahan Glukosa menjadi Asam Piruvat. terjadi di dalam sitoplasma dan menghasilkan 2 molekul asam piruvat, 2 ATP, dan 2 NADH.
2. Siklus Krebs/daur trikarboksilat/daur asam Sitrat
Pembongkaran asam piruvat secara aerob menghasilkan energi dalam bentuk ATP dan molekul pembawa hidrogen NADH dan FADH.
3. Rantai Transport Elektron
Elektron berenergi tinggi dalam NADH dan FADH2 dilewatkan setahap demi setahap ke tingkat energi yang rendah dan akhirnya di terima oksigen (O2) .
Oksidasi melalui sistem pengangkutan elektron akan terbentuk air, sebagai hasil sampingan respirasi selain CO2.

))) Respirasi an aerob yang disebut dengan fermentasi atau peragian.
1. Fermentasi Asam Laktat
Fermentasi asam laktat yaitu fermentasi dimana hasil akhirnya adalah asam laktat. Peristiwa ini dapat terjadi di otot dalam kondisi anaerob.
2. Fermentasi Alkohol
Pada beberapa mikroba peristiwa pembebasan energi terlaksana karena asam piruvat diubah menjadi asam asetat + CO2 selanjutnya asam asetat diabah menjadi alkohol.


2. Anabolisme
Anabolisme adalah suatu peristiwa perubahan senyawa sederhana menjadi senyawa kompleks, nama lain dari anabolisme adalah peristiwa sintesis atau penyusunan. Anabolisme memerlukan energi, misalnya : energi cahaya untuk fotosintesis, energi kimia untuk kemosintesis.

Fotosintesis
Fotosintesis adalah proses penyusunan atau pembentukan dengan menggunakan energi cahaya atau foton. Sumber energi cahaya alami adalah matahari yang memiliki spektrum cahaya infra merah (tidak kelihatan), merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu dan ultra ungu (tidak kelihatan)

** reaksi terang terjadi pada membran tilakoid di grana.
** reaksi gelap terjadi di stroma, merupakan matriks kloroplas tak berwarna yang mengandung grana. Reaksi gelap tidak memerlukan cahaya. ATP dan NADH yang terbentuk pada reaksi terang digunakan untuk pembentukan glukosa dari karbon dioksida.

Kemosintesis
yaitu proses penyusunan bahan organik menggunakan bahan energi pemecahan senyawa kimia.sumber energi tidak hanya cahaya. Beberapa mikroorganisme ada yang dapat memperoleh energi dengan cara mengoksidasi senyawa kimia. misalnya Bakteri belerang, bakteri nitrit, bakteri nitrat, dan bakteri besi.

itulah sekilas tentang Metabolisme Sel. tulisan ini memang tidak selengkap yang anda inginkan. But I hope it can help you,,,

0 comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget

Free SMS

sobat blogger ga ada pulsa? mau sms gratis via internet? 100 % free lo kawan. BUKTIIN !!

Me

My Photo
safita nurmalyya
bukan dari keluarga lebih, tak punya tampang lebih dan tak punya semua yang lebih. dengan ketidak lebihan itu berjuang menjadi lebih. Hope somedays be an army and scientist..
View my complete profile

Followers

Jejak Si Pemurah Hati

Powered by Blogger.