Pages

Larutan

Larutan???? Sebenarnya larutan itu tidak hanya dijumpai dalam belajar kimi saja. larutan sering kita jumpai di kehidupan sehari hari. mulai dari larutan gula, sirup, dan masih banyak lagi.

Dalam pengertian dalam bidang kimia, Larutan itu yang dinamakan sebagai campuran homogen yang terdiri dari dua zat atau lebih. Larutan memiliki ukuran partikel kurang dari 0,1 nm sehingga, larutan tidak dapat dipisahkan dengan cara kimia biasa.


Larutan sendiri memiliki beberapa jenis diantaranya:
1. Larutan padat dalam cair contohnya sirup, air, garam.
2. Larutan cair dalam cair contohnya alkohol kompres
3. larutan gas dalam cair contohnya Oksigen terlarut. (jika air tidak mengandung oksigen, maka ikan dalam air akan mati)
4. larutan gas dalam gas contohnya udara
5. larutan padat dalam padat contohnya perunggu ( Zn + Cu ) 

larutan memiliki 2 komponen yang biasany kita sebut dengan solven dan solut. Solut merupakan zat terlarut di dalam suatu larutan, dan Solven merupakan pelarut dalam larutan. contoh sirup. air sebagai solven dan gula sebagai solut. air adalah pelarut yang paling umum. sehingga bisa dikatakan bahwa air adalah pelarut universal. Selain air, untuk melarutkan bahan bahan berminyak, biasanya digunakan pelarut Acetone, hexane dan  methanol.

macam macam larutan berdasarkan daya hantar listriknya ada dua macam:
1. Larutan Elektrolit.
Larutan elektrolit adalah Larutan yang dapat dikatakan larutan tersebut dapat menghantarkan listrik. mengapa bisa menghantarkan listrik?? karena larutan elektrolit selotnya ( zat terlarut ) terurai menjadi ion ionnya. contohnya air garam ( NaCl )

Larutan elektrolit masih ada macamnya lagi berdasarkan kekuatan daya hantarnya. 
     a. Elektrolit Kuat 
- Terionisasi sempurna 
- Derajat ionisasi (α) = 1
- Reaksi ionisasinya searah 
- Tidak mempunyai tetapan kesetimbangan 

      b. Elektrolit Lemah  
-  Terionisasi sebagian
- 0 < α < 1
- reaksi ionisasi dua arah
- mempunyai tetapan kesetimbangan.  




2. Larutan Non elektrolit  
Larutan yang tidak dapat menghantarkan listrik, karena solutnya tidak terurai menjadi ion ionnya.. contohnya sirup, air gula.
There was an error in this gadget

Free SMS

sobat blogger ga ada pulsa? mau sms gratis via internet? 100 % free lo kawan. BUKTIIN !!

Me

My Photo
safita nurmalyya
bukan dari keluarga lebih, tak punya tampang lebih dan tak punya semua yang lebih. dengan ketidak lebihan itu berjuang menjadi lebih. Hope somedays be an army and scientist..
View my complete profile

Followers

Jejak Si Pemurah Hati

Powered by Blogger.